Dampak Buruk Tidur Pagi Hari, Jangan Sampai Jadi Kebiasaan

Dampak Buruk Tidur Pagi Yang Harus Dihindari

Dampak Buruk Tidur Pagi - Pagi hari merupakan awal untuk menyambut hari dengan semangat dan senyuman. Mengawali aktifitas di pagi hari sangat efektif untuk dilakukan. Itu dapat dilakukan dengan berolahraga, senam, dan mengambil sarapan bergizi. Dengan demikian, tubuh akan terjaga kesehatannya dan semangat untuk bekerja.

Sayangnya, banyak orang mengawali pagi hari dengan sesuatu yang kurang bermanfaat. Misalnya adalah tidur di waktu pagi sampai agak siang. Ini adalah fakta yang masih dilakukan oleh banyak orang. Ini biasanya dilakukan oleh orang yang suka begadang malam hari. Kebiasaan tidur pagi hari merupakan kebiasaan yang buruk. Tentu saja kebiasaan buruk ini harus dicegah dan dihindari. Baca juga: 9 Dampak Buruk Karena Sering Begadang.


Dampak Buruk Tidur Pagi, Kamu Harus Mencegahnya

Apakah kamu memiliki kebiasaan tidur pagi? Kamu perlu mencegahnya. Tidur pagi sampai agak siang adalah kebiasan buruk. Ada banyak dampak buruk tidur pagi hari yang perlu kamu tahu. Terlebih jika itu sampai menjadi kebiasaan dan susah dicegah.

Kebiasaan tidur pagi dapat berdampak buruk pada banyak hal dalam hidupmu. Tidak hanya pada masalah kesehatan, bahkan sampai masa depan. Untuk itu, ayo disimak beberapa dampak buruk tidur pagi. Semoga poin-poin berikut dapat menjadi pencerahan bagi publik.

1. Tidur Pagi Adalah Gaya Hidup Tidak Sehat

Pagi hari merupakan awal untuk memulai aktivitas-aktivitas kecil. Kamu dapat melakukan olaraga, jogging, dan sebagainya. Jika kamu sering tidur pagi hari, itu akan menghambat kesehatanmu. Pasalnya, pagi hari adalah waktu untuk melakukan pemanasan pada tubuh. Tentu saja sebelum kamu melakukan aktivitas lebih, seperti bekerja.

Selain itu, waktu pagi sampai sekitar pukul 8 mengandung vitamin D. Kamu dapat melakukan aktivitas kecil dan berjemur di bawah matahari. Vitamin D sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Misalnya untuk menjaga kulit, daya tahan tubuh, dan sebagainya. Sebaliknya, kebiasaan tidur pagi menjadi indikasi gaya hidup tidak sehat.

Kebiasaan tidur pagi dapat dikategorikan sebagai tidur tidak pada waktunya. Tidur pada waktu pagi juga dapat tergolong tidur berlebihan. Terkait ini, Rasulullah SAW mencela tidur yang berlebihan. Beliau bersabda dalam riwayat hadits berikut.

لَا صِحَّةَ مَعَ كَثْرَةِ النَّوْمِ وَلَا صِحَّةَ مَعَ كَثْرَةِ الْأَكْلِ وَلَا شِفَاءَ بِحَرَامٍ

Tidak ada kesehatan bersama banyaknya tidur, tidak ada kesehatan bersama banyaknya makan, dan tidak ada obat dengan perkara haram”.

2. Tidur Pagi Menyia-nyiakan Waktu dan Kesempatan

Dampak buruk tidur pagi dapat berefek pada kesia-siaan waktu dan kesempatan. Kesempatan yang seharusnya kamu gunakan untuk sesuatu yang bermanfaat. Waktu untuk bekerja, tetapi kamu gunakan untuk tidur. Kesempatan untuk menuntut ilmu, tetapi kamu melalaikannya karena tidur.

Kamu mungkin merasa sangat nyaman ketika tidur di waktu pagi. Ya, itu sangat terasa nikmat seperti yang dikatakan banyak orang. Tetapi percayalah bahwa itu hanyalah keinginan dan perasaan semumu. Pasalnya, tidur pagi hari sama halnya melewatan waktu dan kesempatan emas.

3. Menggangu Proses Metabolisme Tubuh

Pada dasarnya, waktu pagi adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan kinerja metabolisme tubuh. Metabolisme sendiri adalah proses mengubah makanan menjadi energi bagi tubuh. Kamu dapat menyantap menu sarapan bergizi. Sebaliknya, jika waktu ini digunakan untuk tidur, maka kinerja metabolisme tubuh akan terhambat. Proses metabolisme tubuh akan ditunda sampai siang hari.

4. Berat Badan Bertambah

Kebiasaan tidur pagi sampai siang akan menyebabkan penambahan berat badan. Hal ini dikarenakan proses metabolisme tubuh yang tidak teratur. Alhasil, makanan dan minuman yang seharusnya diubah menjadi energi, malah menumpuk menjadi lemak. Dengan penumpukan lemak di dalam tubuh, ini dapat menyebabkan bertambahnya berat badan.

5. Berpeluang Terkena Penyakit Diabetes

Pola tidur memang menjadi salah satu sebab seseorang menderita penyakit diabetes. Biasanya, ini terjadi akibat kurang tidur atau tidur berlebihan. Hal ini dikarenakan pola tidur tidak teratur menyebabkan kadar gula meningkat di dalam tubuh. Alhasil, tidur pagi memiliki peluang seseorang terjangkit penyakit diabetes.

6. Tidur Pagi Menjadikan Tubuh Terasa Lemas dan Lelah

Pernahakan kamu merasakannya? Saat bangun dari tidur pagimu pada jam agak siang, ternyata tubuh terasa lemas?. Itu adalah dampak buruk tidur pagi yang akan kamu rasakan. Rasanya, seolah otot-otot pada sekujur tubuh terasa kaku dan tulang-tulang di persendian terasa nyeri.

Dengan keadaan seperti itu, tentu saja tubuhmu terasa lemas dan lelah. Pastinya, ini akan menghambatmu untuk melakukan aktivitas lainnya. Kondisi ini menyebabkan tubuhmu tidak fit dan tidak siap untuk memulai pekerjaan. Tentu ini merugikan dan beresiko buruk terhadap pekerjaan.

7. Malas Melakukan Aktivitas

Tidur pagi hari juga dapat menyebabkan kemalasan melakukan aktivitas saat bangun. Rasanya, tubuh ingin tetap membaring di atas kasur. Lagi-lagi, kamu aktivitasmu terhambat. Dan karena ini pula, banyak orang bolos bekerja. Ini adalah fakta yang menjadi dampak buruk tidur pagi.

8. Kepala Terasa Berat dan Pusing

Tidur pagi juga menyebabkan kepala terasa berat dan sedikit pusing saat bangun. Nyeri kepala ini biasanya disebabkan oleh sejumlah cairan serebrospina yang masuk mengalir ke dalam otak. Ini akibat fase tidur berlebihan. Umumnya, rasa nyeri dan pusing pada kepala setelah bangun pagi tidaklah membahayakan. Asal kamu tahu, nyeri kepala dan pusing ini dapat menggangu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

9. Memicu Kesulitan Berkonsentrasi

Kesulitan berkonsentrasi pun menjadi salah satu dampak buruk tidur pagi. Setelah bangun siang, kamu mungkin akan kesulitan untuk berpikir jernih. Kamu juga kesulitan mengembangkan ide-ide baru yang sebelumnya dirancang. Kesulitan berkonsentrasi ini biasanya berlanjut selama berjam-jam sampai kondisi metabolisme tubuh kembali normal.

10. Mudah Lupa

Waktu tidur adalah waktu untuk memperbaiki jaringan dan sel-sel tubuh, termasuk di otak. Kekurangan atau kelebihan tidur dapat menghambat proses perbaikan jaringan dan sel-sel tubuh. Dapat dikatakan, tidur pagi sampai siang adalah pola tidur berlebihan. Inilah alasan mengapa tidur pagi menyebabkan seseorang mudah lupa.

11. Tidur Pagi Mengganggu Kondisi Psikologi

Umunya sel-sel otak akan kembali bekerja ketika kamu bangun tidur. Sedangkan tidur pagi sampai siang hari menyebabkan ketidakstabilan sel-sel otak dan saraf dalam bekerja. Sehingga, tidur berlebihan dapat menggangu kondisi psikologi seseorang. Apalagi tidur pagi sampai siang yang sudah membiasa.

12. Mudah Depresi

Apabila seseorang bagun siang dan ia mendapati masalah, kondisi ini menyebabkannya lebih mudah depresi. Di samping itu, mood seseorang setelah bangun siang juga cenderung lebih sensitif. Hal ini dikarenakan kondisi psikologi yang tidak stabil dan ganguan pada konsentrasi saat bangun siang.    

13. Wajah Terlihat Lesu Tidak Bersinar

Dampak buruk yang terjadi akibat tidur pagi dapat menyebabkan sinar wajah terlihat redup. Jika kamu bangun agak siang, pastinya wajahmu terlihat lesu tidak bersemangat. Padahal waktu ini adalah waktu untuk berinteraksi sosial. Sebagai hasilnya, kamu mungkin kurang percaya diri saat berinteraksi.

14. Resiko Terkena Penyakit Jantung

Ternyata, kebiasaan tidur pagi hingga siang, beresiko pada penyakit jantung. Baik kurang tidur atau tidur berlebihan menyebabkan tekanan darah meningkat. Sehingga, membuat pelakua beresiko terkena hypertensi, serangan stroke, sampai penyakit jantung.

15. Tidur Pagi Mencegah Datangnya Rizki

Dalam persepektif agama islam, ternyata tidur di pagi hari dapat menjadikan fakir. Inilah yang diperingatkan oleh guru-guru dan para kyai. Waktu pagi adalah waktu di mana Allah SWT membuka pintu-pintu rizki dan berkah. Waktu seseorang untuk giat dalam memulai pekerjaan dan mengharapkan rizkinya. Demikian itu senada dengan hadits Rasulullah SAW.

الصُّبْحَةَ تَمْنَعُ الرِّزْقَ

Tidur di waktu pagi bisa mencegah rizki”.


Kesimpulan

Tidur pagi yang dilakukan seseorang hingga siang adalah kebiasan buruk yang harus dicegah. Kebiasan buruk ini dapat berdampak buruk dan mempengaruhi kehidupannya. Ada banyak dampak buruk bagi pelakunya, sehingga layak untuk dihindari. Yang jelas, kebiasan tidur di pagi hari tidak hanya berpengaruh pada kesehatan, tetapi juga banyak hal dalam hidupnya.