Download Kitab Nurul Lum’ah Versi PDF

Download Kitab Nurul Lum’ah PDF

Download Kitab Nurul Lum’ah PDF – Allah SWT memiliki hari khusus yang diberikan kepada umat Nabi Muhammad SAW, yaitu hari Jum’at. Di dalam hari Jum’at ada banyak sekali fadhilah, hikmah, dan keistimewaan yang diperuntukkan bagi umat Nabi Muhammad SAW. Bahkan, hari Jum’at adalah hari paling istimewa melebihi hari-hari lainnya dalam setiap minggu.

Berkenaan dengan keistimewaan hari Jum’at, ada banyak kitab yang menerangkan keitimewaan di balik hari Jum’at. Tentu saja kitab tersebut adalah kitab-kitab yang ditulis oleh para ulama’ dengan berisi dalil-dalil naqli dan aqli. Dalam istilah pondok pesantren, kita menyebut kitab-kitab tersebut dengan sebutan kitab kuning. Kitab kuning sendiri adalah kitab yang menjadi pegangan santri untuk menggali hukum dari para kyai dan para asatidz.

Salah satu kitab yang menjelaskan mengenai keistimewaan hari Jum’at adalah Kitab Nurul Lum’ah fi Khashaishij Jumuah. Untuk mengetahui gambaran umum mengenai kitab ini, kamu dapat menyimak sub topik di bawah. Kamu juga dapat memiliki file PDF kitab ini sebagai bahan pembelajaran, beserta link terjemah Bahasa Indonesianya.


Review Singkat Kitab Nurul Lum’ah

Kitab Nurul Lum’ah fi Khashaishij Jumu’ah merupakan salah satu kitab yang disusun oleh seorang ulama’ besar. Ulama’ tersebut ialah Syekh Jalaluddin Abdur Rahman As-Suyuthi, kita mengenalnya sebagai Imam As-Suyuthi. Nama lengkap beliau adalah Abul Fadl Abdur Rahman bin Abu Bakar bin Muḥammad Jalaluddin Al-Khuḍayri As-Suyuthi. Beliau lahir pada perkiraan 3 Oktober 1445 di Cairo, Egypt dan wafat pada 18 Oktober 1505 di Cairo, Egypt.

Nama Imam As-Suyuthi tentu tidak lagi asing di telinga kaum muslimin, terutama di kalangan santri. Hal ini dikarenakan salah satu karya kitab besarnya yang populer yaitu Kitab Tafsir Jalalain. Di pondok-pondok pesantren kecil, Kitab Tafsir Jalalain biasanya menjadi kajian utama bagi para santri. Imam As-Suyuthi memiliki banyak karya kitab yang bertebaran di dunia. Salah satunya adalah Kitab Nurul Lum’ah yang topiknya saat ini kita bahas.

Kitab Nurul Lum’ah fi Khashaishij Jumu’ah adalah kitab yang disusun khusus untuk menjelaskan mengenai keistimewaan hari Jum’at. Di dalamnya dijelaskan ada 101 kekhususan dan keistimewaan hari Jum’at bagi umat muslim yang jarang diketahui. Jika kamu bertanya mengapa harus hari Jum’at? Tentu saja karena hari itu adalah hari paling mulia dari semua hari lainnya.

Keistimewaan hari Jum’at di dalam Kitab Nurul Lum’ah dijelaskan berdasarkan sumber-sumber naqli dan aqli. Di antaranya bersumber dari hadits-hadits Nabi SAW, atsar, qaul para tabi’in, dan qaul para ulama’. Sehingga, kitab ini sangat menarik untuk dikaji, terutama sebagai pembangkit semangat untuk giat beribadah di hari Jum’at.


Downoad Kitab Nurul Lum’ah (PDF)

Berkaitan dengan Kitab Nurul Lum’ah fi Khashaishij Jumu’ah, di sini saya beri’tikad baik untuk membagikan file mentahnya. File mentah Kitab Nurul Lum’ah ini dikemas dalam format PDF dan dapat didownload secara gratis. Kamu dapat melihat informasi sekilas mengenai file Kitab Nurul Lum’ah ini pada tabel yang disedian di bawah.

Dan perlu diketahui bahwa file PDF Kitab Nurul Lum’ah ini hanya berisikan teks dalam Bahasa Arabnya saja. File ini tidak disertai dengan terjemahan, baik terjemah pondok pesantren maupun terjemah bahasa Indonesia. Namun, saya juga menyisipkan link terjemah Bahasa Indonesia. Jadi, kamu dapat mempelajarinya sendiri dalam versi terjemah Indonesia.

File Keterangan
Nama kitab Nurul Lum'ah fi Khashaishij Jumu'ah
Tema kitab Fadhilah dan keistimewaan hari Jum'at
Penyusun Imam Jalaluddin Abdur Rahman As-Suyuthi
Format file PDF
Ukuran file 441 Kb
Keterangan file tanpa makna
Download file Kitab Nurul Lum'ah
Terjemah Indonesia online Kitab Nurul Lum'ah


Kesimpulan

Kitab Nurul Lum’ah fi Khashaishij Jumu’ah ini adalah salah satu kitab yang sangat bagus. Kitab ini cocok dikaji, baik dikaji dalam pengajian harian maupun pengajian di Bulan Ramadhan. Dengan mengkaji ktab ini, kita dapat mengetahui hikmah, fadhilah, dan keistimewaan yang tersembunyi di hari Jum’at. Terutama, sebagai motivasi diri untuk terus meningkatkan keimanan, amal ibadah, dan kebaikan di hari Jum’at.