Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Update Dengan Mudah

Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Update - Windows update merupakan salah satu fitur windows untuk memperbarui sistem-sistem yang ada di dalamnya. Windows update memiliki peran yang sangat vital dalam sistem windows tersebut. Sama seperti manusia, mereka memerlukan energi baru untuk beraktivitas dengan suplay makanan, minuman, dan istirahat.

Dengan mengupdate windows, operasi sistem menjadi semakin baik dan kinerjanya semakin meningkat. Pasalnya, mengupdate windows dapat menambah dan memperbarui fitur-fitur lama, serta memperbaiki error atau bugs di dalam sistemnya. Tentu saja ada akibat sebaliknya apabila windows tidak diupdate, apalagi itu sudah berlangsung lama.

Dengan alasan inilah, pengguna windows sebaiknya memperhatikan fitur windows update sebagai seuatu hal yang penting. Meskipun default pengaturan windows disetel secara otomatis, pengguna memang dapat merubahnya. Pengguna juga dapat secara leluasa menyetel disable windows update.

Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Update


Error Yang Terjadi Karena Windows Tidak Diupdate

Jika memang tidak karena alasan tertentu, sebaiknya setelan windows update otomatis tetap dibiarkan. Windows yang sudah lama tidak diupdate, menyebabkan terjadi error dalam sistem. Seperti kinerja windows semakin melemah, sistem keamanan windows tidak bekerja (error), munculnya bugs dalam sistem, dan sebagainya. Di antara kesalahan umum yang terjadi karena windows lama tidak diupdate adalah adanya error seperti berikut:

  • Error 0x80240438: Error ini mengindikasikan bahwa update source (sumber update) di dalam sistem tidak dapat ditemukan. Sehingga, ini menyebabkan tombol update windows tidak berfungsi.
  • Error -2145123272: Ini biasanya terjadi pada Windows Defender tidak bisa diupdate. Error ini adalah implikasi dari error 0x80240438 alias windows tidak bisa update.
  • Error 0x80072EE2: Error ini bisa disebabkan karena banyak hal. Umumnya error ini terjadi pada masalah koneksi internet, seperti koneksi internet buruk atau adanya proxy. Namun, error ini juga bisa terjadi karenanya windows tidak dapat diupdate.
  • Error 0x80004005: Error ini pada saat windows tidak dapat mengakses dan membuka suatu file atau folder tertentu. Ada banyak penyebabnya, seperti akses file diblokir oleh anti virus, ekstrak file (seperti zip) yang terenkripsi, windows tidak bisa update, dan sebagainya.
  • Error 0x80070490: Biasanya error ini disebabkan karena ada komponen atau file penting yang rusak. Salah satu sebab kerusakan file tersebut karena windows sudah lama tidak diupdate. Bisa juga error ini disebabkan karena adanya file yang hilang pasca setelah update. 


Opsi-Opsi Untuk Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Update

Setelan update otomatis di windows 10 memang kadang-kadang menyebalkan. Update bisa terjadi pada saat yang tidak tepat dan tentu mengkonsumi banyak data internet. Akibatnya, pengguna mencoba melakukan tindakan untuk memaksa disable windows update.

Sayangnya, penggunanya lupa tidak mengembalikan setelan awal ke windows update otomatis. Atau, ia sengaja disable fitur itu agar ia dapat melakukan aktivitas windows 10 dengan nyaman. Dan lagi, ia tidak mencoba melakukan update manual atau semacamnya.

Kasus seperti itu adalah penyebab umum mengapa windows 10 tidak bisa update (seperti pengalaman saya). Tombol update berwarna abu-abu, tidak dapat diklik, dan ada peringatan merah di sana. Masalah windows 10 tidak dapat diupdate dapat diselesaikan dengan opsi-opsi berikut.


A. Periksa Dengan Fitur Troubleshoot

Windows 10 memiliki sebuah fitur untuk memeriksa beberapa kesalahan (error) dalam sistemnya. Tak hanya memeriksa saja, tetapi juga mencoba untuk memperbaiki error tersebut. Fitur itu disebut dengan istilah “Troubleshoot”. Pengguna dapat menggunakan fitur ini untuk memeriksa kesalahan dalam update windows.

1. Buka menu windows, klik “Settings”

2. Pilih opsi “Update & Security”.

3. Klik menu “Throubleshoot” – “Additional troubleshooters”.

Fitur troubleshoot untuk windows 10 tidak bisa update

4. Pilih “Windows update” – “Run the troubleshooter”.


B. Periksa Status Update Windows 10 di Halaman Services

Pada opsi ini, pengguna dapat memeriksa status update Windows 10 di halaman services. Pengguna dapat mengetahui apakah status update Windows 10 dijalankan secara otomatis, manual, atau disable. Jika statusnya adalah disable, mungkin ini penyebab utama windows tidak bisa diupdate.

1. Buka toolbar pencarian, ketik “Services”.

Halaman Services di Windows 10

2. Scroll ke bawah, klik “Windows Update”.

Enable Update Windows 10 Secara Otomatis

3. Pada opsi starup type, ganti menjadi “Otomatis”.

4. Klik “Apply”, lalu klik “Ok”.


C. Mereset Komponen Windows Update

Apabila 2 opsi di atas masih tidak dapat mengatasi masalah, pengguna dapat melakukan opsi ini. Ini dilakukan dengan mereset paksa komponen Windows Update. Dengan meresetnya, windows update dapat kembali ke awal. Sehingga tombol update windows dapat kembali normal.

1. Copy kode-kode berikut dan masukkan ke dalam notepad.

net stop bits
net stop wuauserv
net stop appidsvc
net stop cryptsvc
Del "%ALLUSERSPROFILE%\Application Data\Microsoft\Network\Downloader\*.*"
rmdir %systemroot%\SoftwareDistribution /S /Q
rmdir %systemroot%\system32\catroot2 /S /Q
sc.exe sdset bits D:(A;;CCLCSWRPWPDTLOCRRC;;;SY)(A;;CCDCLCSWRPWPDTLOCRSDRCWDWO;;;BA)(A;;CCLCSWLOCRRC;;;AU)(A;;CCLCSWRPWPDTLOCRRC;;;PU)
sc.exe sdset wuauserv D:(A;;CCLCSWRPWPDTLOCRRC;;;SY)(A;;CCDCLCSWRPWPDTLOCRSDRCWDWO;;;BA)(A;;CCLCSWLOCRRC;;;AU)(A;;CCLCSWRPWPDTLOCRRC;;;PU)
cd /d %windir%\system32
regsvr32.exe /s atl.dll
regsvr32.exe /s urlmon.dll
regsvr32.exe /s mshtml.dll
regsvr32.exe /s shdocvw.dll
regsvr32.exe /s browseui.dll
regsvr32.exe /s jscript.dll
regsvr32.exe /s vbscript.dll
regsvr32.exe /s scrrun.dll
regsvr32.exe /s msxml.dll
regsvr32.exe /s msxml3.dll
regsvr32.exe /s msxml6.dll
regsvr32.exe /s actxprxy.dll
regsvr32.exe /s softpub.dll
regsvr32.exe /s wintrust.dll
regsvr32.exe /s dssenh.dll
regsvr32.exe /s rsaenh.dll
regsvr32.exe /s gpkcsp.dll
regsvr32.exe /s sccbase.dll
regsvr32.exe /s slbcsp.dll
regsvr32.exe /s cryptdlg.dll
regsvr32.exe /s oleaut32.dll
regsvr32.exe /s ole32.dll
regsvr32.exe /s shell32.dll
regsvr32.exe /s initpki.dll
regsvr32.exe /s wuapi.dll
regsvr32.exe /s wuaueng.dll
regsvr32.exe /s wuaueng1.dll
regsvr32.exe /s wucltui.dll
regsvr32.exe /s wups.dll
regsvr32.exe /s wups2.dll
regsvr32.exe /s wuweb.dll
regsvr32.exe /s qmgr.dll
regsvr32.exe /s qmgrprxy.dll
regsvr32.exe /s wucltux.dll
regsvr32.exe /s muweb.dll
regsvr32.exe /s wuwebv.dll
netsh winsock reset
netsh winsock reset proxy
net start bits
net start wuauserv
net start appidsvc
net start cryptsvc

2. Simpan notepad tersebut dengan format .bat, misalnya reset_ windows.bat

3. Klik kanan file .bat tersebut, pilih “Run as admnistrator”

4. Tunggu beberapa detik sampai selesai.

5. Buka “Windows” – “Settings”.

6. Pilih opsi “Update & Security” – “Windows update”.

7. Coba menekan tombol “Download”.

Biasanya, halaman tombol download tidak lagsung dapat ditekan. Proses reset update tidak langsung berjalan dan memerlukan waktu untuk memprosesnya. Pengguna perlu menunggu sekitar 3 – 5 menit sampai proses reset benar-benar selesai.


D. Download Update Windows 10 Secara Manual

Apabila ketiga opsi di atas masih saja tidak bekerja, pengguna perlu download file update windows 10 secara manual. Pada poin ini, pengguna melakukan download semua file update windows 10. File update Itu sudah disediakan oleh tim windows di servernya.

1. Kunjungi Update Windows 10

2. Klik “Update Now” – Install file update.

Catatan:
Jika kamu melakukan opsi ini, kamu akan mendapati hardisk sytem (C) tiba-tiba penuh dan berwarna merah. Untuk itu, kamu perlu mengatasi masalah hardisk tiba-tiba penuh dan merah.

Proses download file update dari server mungkin akan berlangsung lama. Begitu juga proses installnya, waktu berlansung cukup lama. Jadi, sambil menunggu semua selesai, kamu dapat membuat kopi hangat atau melakukan aktivitas lain.

Nah, selain cara ini, pengguna juga dapat download komponen update windows 10 satu per satu. Pengguna memilih kompenen windows 10 mana yang ingin diupdate dan langsung mengunduhnya di halaman Microsoft Update Catalog. Opsi ini mungkin dapat membantu sedikit, meskipun bukan menjadi sebuah solusi masalah.

1. Buka halaman Microsoft Update Catalog.

2. Masukkan kode device yang ingin diunduh, biasanya seperti KB4493143, KB2589339, dan sebagainya. Lihat di halaman windows update.

Download Update Windows 10 Secara Manual

3. Pilih versi windows (32 atau 64 Bit), lalu klik “Download”.


Kesimpulan: Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Update

Sebenarnya, tutorial ini bukan sebagai solusi masalah windows 10 tidak bisa update. Tutorial ini merupakan opsi dan tips yang mungkin dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Pasalnya, penyebab windows 10 tidak bisa diupdate sangatlah banyak. Jadi, masalah dari sebagian pembaca mungkin dapat terselesaikan dengan tips ini, dan mungkin tidak untuk pembaca lain.