Contoh Proposal Kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah)

Contoh Proposal Kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah)

Contoh Proposal Kegiatan MPLS - MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah kegiatan yang diadakan untuk membantu siswa baru mengenal lingkungan sekolah baru mereka. MPLS  adalah kegiatan awal yang penting bagi siswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah baru, baik secara akademis maupun sosial.

Pada dasarnya, kegiatan MPLS diadakan oleh pengurus OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah). MPLS sendiri adalah agenda tiap tahun baru sesuai dengan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) OSIS. Kegiatan MPLS disusun dengan beberapa rangkaian acara tertentu antara 2 sampai 3 hari pada umumnya.

Kegiatan MPLS sendiri adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap pengurus OSIS di sekolah manapun. Tentu karena pengurus OSIS bertindak sebagai pelaku yang belajar berorganisasi. Tetapi, di sini lain, adanya kegiatan MPLS ini juga membantu pihak sekolah untuk memberikan pengenalan terhadap para peserta didik baru.

Kegiatan MPLS sendiri dilakukan pada awal masuk tahun ajaran baru. Para peserta didik baru sebagai pesertanya, pengurus OSIS sebagai panitia, dan pihak guru sebagai pengisi acara inti. Tujuan utama kegiatan MPLS sendiri adalah untuk mengenalkan lingkungan sekolah (baik akademis dan sosial). Kegiatan ini juga bertujuan agar para peserta didik baru mampu beradaptasi baik dengan lingkungan sekolah baru.

Nah, karena MPLS ini dilakukan pada awal masuk tahun ajaran baru, tentu persiapannya dikerjakan pada akhir semester sebelumnya. Bagi para pengurus OSIS, akhir semester genap tidak hanya bersiap untuk masa liburan, tetapi juga persiapan menyambut adik-adik kelas mereka. Untuk itulah, pada akhir semeter biasa pengurus OSI membuat sebuah proposal pada sekolah mengenai kegiatan MPLS.


Kriteria Penting Dalam Contoh Proposal Kegiatan MPLS

Langkah pertama yang perlu dilakukan pengurus OSIS sebelum mengadakan kegiatan ini adalah membuat proposal MPLS. Tentu saja ini dilakukan sesuai dengan rapat antara pengurus OSIS sekolah. Dengan mengajukan proposal, berarti pengurus OSIS meminta izin dan memohon dukungan untuk mengadakan kegiatan ini.

Memang, ada banyak contoh proposal kegiatan MPLS yang dapat ditemukan di internet. Jika dilihat kreteria penting di dalam proposal tersebut, sebenarnya mengacu pada satu hal. Itu adalah membeberkan informasi kegiatan MPLS sejelas mungkin di dalam proposal tersebut. Dari sini, kita dapat merangkum unsur-unsur dalam pembuatan proposal:

1. Latar Belakang Kegiatan MPLS

Ini adalah sesuatu yang melatarbelakangi pengurus OSIS untuk mengadakan kegiatan MPLS. Biasanya, ini disusun dengan paragraf yang cukup panjang.

2. Nama Kegiatan

Agar proposal tersebut disetujui, maka pengurus OSIS selayaknya memberitahu apa kegiatan yang akan mereka laksanakan. Dengan demikian pihak sekolah dapat memahami kegiatan apa yang hendak mereka adakan.

3. Tujuan Kegiatan MPLS

Dalam isi proposal tersebut, pengurus OSIS harus memberitahu pada pihak sekolah apa tujuan diadakannya kegiatan tersebut. Begitu pula terkait tujuan pengajuan proposal yang disodorkan pada pihak sekolah.

4. Penyelenggaran Kegiatan MPLS

Proposal harus berisikan tentang informasi siapa penyelenggara kegiatan MPLS tersebut. Dalam hal ini, penyelenggaranya adalah pengurus OSIS sesuai dengan masa jabatan yang masih berlaku.

5. Dasar Kegiatan MPLS

Dalam kepengurusan OSIS, pengurusnya memiliki dasar dalam membuat agenda dan kegiatan sekolah. Semua itu dirangkum dalam laporan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga OSIS.

6. Waktu dan Tempat Pelaksaaan Kegiatan MPLS

Pengurus OSIS harus menyertakan waktu dan tempat kegiatan MPLS tersebut dilaksanakan. Ini bertujuan agar pihak sekolah mengetahui kapan dan di mana kegiatan akan terlaksana.

7. Peserta Kegiatan MPLS

Dalam hal ini, pengurus OSIS perlu memberitahu siapa peserta yang akan diikutsertakan dalam kegiatan MPLS tersebut.

8. Susunan Acara Kegiatan MPLS

Isi proposal MPLS harus menyertakan lampiran tentang susunan dan rangkaian kegiatan yang diadakan. Pada umumnya, rangkaian acara dibuat berdasarkan tema kegiatan, yaitu MPLS. Sehingga, acara-acara yang dirangkai lebih mengarah pada pengenalan lingkungan sekolah, meskipun sebagian ada acara tambaha, seperti game, upacara, dan lainnya.

9. Susunan Panitia Kegiatan MPLS

Dalam proposal MPLS, pengurus OSIS perlu menyusun kepanitiaan baru yang bertanggung jawab atas terselenggarakannya kegiatan MPLS. Susunan panitia kegiatan MPLS ini kemudian dilampirkan di dalam isi proposal.

10. Rencana Anggaran Biaya

OSIS bukanlah organisasi mandiri, ia berada di naungan sekolah. Alhasil, pendanaan OSIS biasanya terbatas. Untuk itulah, salah satu tujuan pengajuan proposal kegiatan MPLS adalah memohon dukungan dana dari pihak sekolah. Dengan demikian, pengurus OSIS perlu menyusun anggaran biaya yang dibutuhkan dan dilampirkan ke dalam proposal MPLS.

11. Penutup

Penutup proposal ini biasanya berupa pengharapan dan ucapan terima kasih kepada pihak sekolah telah mengizinkan dan mendukung kegiatan MPLS berlangsung.


Download Contoh Proposal Kegiatan MPLS

Dari pemaparan kriteria proposal MPLS di atas, pastinya cukup membingungkan. Untuk itu, penulis blog telah melampirkan sebuah contoh proposal kegitan MPLS. Karena ini hanya berupa contoh proposal, tentu saja masih banyak kekurangannya. Setidaknya, contoh proposal ini dapat memberikan gambaran umum mengenai proposal kegiatan MPLS.

Format File Doc (Microsoft Word)
Ukuran Kertas F4
Ukuran File 210 Kb
Link Download Proposal Kegiatan MPLS

Demikian artikel mengenai contoh proposal kegiatan MPLS ini diterbitkan. Semoga dapat memberikan petunjuk dan gambaran tentang pembuatan proposal MPLS.