Contoh Surat Permohonan Resmi Dalam Berbagai Keperluan

Contoh Surat Permohonan Resmi

Contoh Surat Permohonan – Dalam sebuah organisasi, lembaga, dan instansi, administrasi surat menyurat menjadi hal penting untuk diperhatikan. Tentu saja penyusunan surat menyurat harus dibuat secara profesional. Jika tidak, itu dapat merusak aturan umum dan standar baku yang telah ditetapkan. Sehingga, menjaga aturan dan standar tersebut menjadi sebuah hal penting dalam penerapannya.

Berbicara tentang surat menyurat, kamu pasti mengenal berbagai jenis surat. Di antara jenis-jenis surat tersebut, ada yang namanya surat permohonan. Pada artikel ini, kita akan mencoba untuk mengenal lebih dekat mengenai seluk-beluk surat permohonan. Diharapkan, ini dapat menjadi wawasan yang dapat diaplikasikan saat menyusun surat tersebut.


Apa itu Surat Permohonan?

Surat permohonan adalah surat yang dibuat secara khusus dengan tujuan meminta suatu hal pada pihak tertentu sebagai penerimanya. Sudah jelas bahwa tujuan dikirimkannya surat ini adalah sebagai bentuk permohonan atau permintaan. Jadi, susunan dalam isi suratnya harus mengandung kalimat-kalimat bermakna memohon atau meminta. Pada kenyataannya, surat permohonan lebih umum digunakan dalam sebuah organisasi dan instansi tertentu.


Jenis-Jenis Surat Permohonan

Meminta suatu hal pada pihak lain, tentu tidak dibatasi dalam satu bidang saja. Sehingga perlu kamu tahu, ada banyak jenis surat permohonan yang digunakan dalam sebuah instansi dan organisasi. Surat-surat permohonan ini dapat dikelompokkan berdasarkan isi permintaan yang dibuat. Jenis-jenis surat permohonan berikut hanya sebagian contoh saja, di antaranya:

  • Surat permohonan mengisi materi: Surat permohonan ini digunakan pada sebuah acara yang berkaitan dengan pendidikan. Di antara acara-acaranya, seperti seminar, LDKS, MPLS, diskusi sosial, bahtsul masail, OPRAM, dan lainnya.
  • Surat permohonan menjadi juri: Surat permohonan ini dbuat acara-acara perlombaan dan audisi tertentu.
  • Surat permohonan menyewa tempat: Surat permohonan ini dibuat untuk meminta izin menyewa tempat, seperti gedung, lapangan, dan sebagainya.
  • Surat permohonan kerja sama: Surat permohonan ini berkaitan erat dengan dunia bisnis dan pekerjaan.
  • Surat permohonan sponsor: Surat permohonan ini bertujuan untuk meminta pendanaan untuk mendukung acara tertentu. Tetapi, permohonan sponsor lebih umum dengan membuat proposal kegiatan.
  • Surat permohonan izin acara: Surat permohonan ini dibuat untuk meminta izin dalam mengadakan suatu acara tertentu.
  • Dan lain-lain.


Unsur-Unsur Dalam Pembuatan Surat Permohonan

Dalam membuat surat permohonan, ada unsur-unsur penting yang harus diperhatikan. Karena ini berkaitan dengan profesionalisme dan kinerja instansimu. Namun, pada bagian ini, saya sudah mengulas cukup detail mengenai unsur-unsurnya. Silahkan baca sendiri tentang unsur-unsur penulisan surat resmi.

Dari unsur-unsur yang sudah saya jelaskan pada link tersebut, ada sebagian unsur yang perlu ditekankan. Pasalnya, banyak penulis surat melakukan kesalahan dan terbilang parah, terutama jika penulisnya kurang memahami unsur-unsurnya. Unsur-unsur pembuatan surat permohonan yang paling perlu diperhatikan antara lain:

1. Nomor Surat

Dalam hal ini, nomor surat menjadi sebuah identitas penting pada surat permohonan. Ada aturan dan standar yang menjadi pedoman dalam menulis nomor surat permohonan. Dengan mengacu pada aturan ini, kamu dapat menulis nomor surat permohonan dengan baik dan benar. Nah, untuk lebih jelasnya, pelajari aturan penulisan nomor surat.

2. Isi Surat

Dalam membuat surat permohonan, kamu perlu memastikan adanya kalimat yang menunjukkan arti memohon. Akan sangat tidak layak apabila kamu hanya memberitahu informasi waktu, tempat, dan suatu permintaan saja. Kamu perlu memberikan penekanan bahwa kamu sedang memohon pada seseorang dengan kalimatmu. Coba perhatikan penekanan kalimat permohonan di bawah ini:

“Dengan ini, kami selaku panitia memohon kepada Bapak/Ibu untuk memberikan izin menyewa gedung berdasarkan waktu yang telah ditentukan”.

“Untuk itu, kami memohon kepada Bapak/Ibu untuk menjadi pemateri yang insya’allah akan dilaksanakan pada”.

“Dengan ini, kami memohon kepada Bapak/Ibu Direktur untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan kami sesuai dengan ketentuan masa yang berlaku”.

3. Peletakan Tanda Tangan

Peletakan tanda tangan merupakan unsur pembuatan surat yang tidak boleh diabaikan. Kamu perlu menyusun urutan tanda tangan antara pemilik jabatan lebih tinggi dan jabatan lebih rendah. Urutan penyusunan tanda tangan dimulai dengan jabatan lebih tinggi di bagian kiri surat. Sedangkan jabatan lebih rendah berada di bagian kanan surat.


Contoh-Contoh Surat Permohonan

Untuk mendapatkan gambaran detail mengenai surat permohonan, saya akan melampirkan beberapa contoh. Kamu dapat mengunduh contoh-contoh surat permohonan pada tabel di bawah. File-file contoh surat sudah dikemas dalam bentuk dokumen (.doc) sehingga mudah untuk diedit. Berikut contoh-contoh surat permohonan, unduh pada tabel yang tersedia.

Jenis Surat Format Ukuran Kertas
Contoh surat permohonan pemateri (umum) .doc F4
Contoh surat permohonan pemateri (OSIS) .doc F4
Contoh surat permohonan juri .doc F4
Contoh surat permohonan meminjam tempat .doc F4
Contoh surat permohonan izin (OSIS ke pengurus pondok) .doc F4

Mohon untuk tidak mengunduh file secara bersamaan. Mengunduh file secara bersamaan akan menyebab link tersingkron menjadi satu link saja. Jadi, silahkan mengunduh file satu persatu jika ingin memiliki beberapa file contoh surat permohonan.